Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Februari 2013

MELIRIK PEMBUATAN BATIK TULIS KHAS LAMPUNG (PART 2)


Baiklah sobat kita lanjutkan tulisan melirik pembuatan batik tulis yang sempat terpotong tadi…
Untuk membuat batik tulis diperlukan beberapa peralatan membatik, seperti lilin batik/malam, canting, wajan kecil, kompor,kain mori, gawangan, celemek, dan pewarnaan batik. Nah setelah siap saya pun mengikuti tahapan-tahapan membuat batik.


Berikut ini adalah tahapan-tahapan sederharna pembuatan Batik Tulis :
1.      Pembuat desain batik (Memola)
Langkah ini merupakan langkah awal dalam proses pembautan batik tulis.  Proses ini diawali dengan membuat pola atau desain diatas kertas terlebih dulu agar mudah merubah apabila ada kesalahan atau kekurangan. Setelah itu barulah dipindahkan diatas kain / mori dengan mengunakan kertas karbon dan pinsil.
2.      Mencanting / Melukis dengan lilin
Pada proses ini kita mulai membatik dengan canting  untuk menempelkan lilin pada kain yang sudah dipola, yaitu decanting dengan mengikuti pola-pola yang ada.
3.      Pewarnaan
Pada proses ini banyak sekali teknik-teknik pewarnaan sesuai dengan warna yang akan digunakan. Ada yang dicelupkan warna tertentu, setelah kering kemudian dilakukan pembatikan lagi kemudian diberi warna tahap kedua. Selain itu ada pewarnaan yang sederharna yaitu dengan menggunakan Remazol (dengan proses nyolet) dan Water Glass.
4.      Ngelorod / Perebusan Kain Batik
Proes ini merupakan rangkaian terakhir dalam membuat batik tulis.  Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lilin yang masih memempel pada kain batik yang telah di warna. Setelah proses ini, kain batik direndam sebentar dalam air dingin lalu dijemur. Setelah penjemuran ini kain siap untuk di jual.

0 komentar:

Posting Komentar